Penjumlahan adalah operasi bilangan yang pertama kali dikenalkan kepada siswa dalam belajar matematika, yang didahului dengan mengenalkan apa itu bilangan? Sudah tentu siswa dikenalkan bilangan diawali dengan benda kongkrit, misalkan dengan menunjukkan batu, kelereng, apel, jeruk dan lain-lainnya. Caranya menunjukkan misalkan sebuah apel dengan mengatakan satu apel kemudian menunjukkan lambang bilangan 1 sebagai abstraknya. Lalu menunjukkan dua buah apel dengan mengatakan dua apel kemudian menunjukkan lambang bilangannya 2, dan seterusnya hingga 10. Inilah mengenalkan bilangan 1 sampai dengan 10 kepada siswa, khususnya yang belum pernah mengenal bilangan.
Dalam penjumlahan titik kritisnya adalah penjumlahan yang hasilnya kurang dari 20. Artinya siswa harus mampu menguasai penjumlahan yang hasilnya kurang dari 20 seperti 7 + 8, 6 + 9, 4 + 6 dan sebagainya, secara lisan atau mencongak. Ketika siswa sudah mencapai titik kritis penjumlahan ini, siswa akan mampu menghitung penjumlahan berapapun juga. Metode Gasing, untuk mencapai titik kritis ini harus mengajarkan langkah demi langak untuk mencapainya dan bukan sekedar drilling saja. Nah ... langkah demi langkah untuk mencapai titik kritis penjumlahan ada 4 poin yaitu:
Memanfaatkan jari 5
Dalam penjumlahan titik kritisnya adalah penjumlahan yang hasilnya kurang dari 20. Artinya siswa harus mampu menguasai penjumlahan yang hasilnya kurang dari 20 seperti 7 + 8, 6 + 9, 4 + 6 dan sebagainya, secara lisan atau mencongak. Ketika siswa sudah mencapai titik kritis penjumlahan ini, siswa akan mampu menghitung penjumlahan berapapun juga. Metode Gasing, untuk mencapai titik kritis ini harus mengajarkan langkah demi langak untuk mencapainya dan bukan sekedar drilling saja. Nah ... langkah demi langkah untuk mencapai titik kritis penjumlahan ada 4 poin yaitu:
- Mengenal bilangan 1 - 10
- Penjumlahan yang hasilnya 1 - 10
- Mengenal bilangan 11 - 19
- Penjumlahan yang hasilnya 11 - 19
- Mengenal bilangan 1 - 10
Memanfaatkan jari 5
No comments:
Post a Comment
Silakan Berikan Komentar