Tips Mudik Aman dan Nyaman


Mudik adalah perjalanan dari tempat rantauan ke tempat tanah kelahirannya, atau dari tempat aktifitas sehari-hari, entah itu kerja sekolah, kuliah biasanya di kota besar ke tempat kota asalnya yang mungkin kota lebih kecil atau bahkan desa (udik), makanya dinamakan 'mudik' yang berarti ke udik atau ke desa. Tetapi kini telah berubah arti tidak harus ke desa akan tetapi pulang ke kampung tanah kelahirannya atau tempat orang tua tinggal. Kalau penulis sih perjalanan dari rumah asli ke tempat mertua, jadi yang mudik si istri, saya nemeni he he he...
Biasanya tinggal beberapa hari di tempat tujuan sambil menghabiskan waktu libur, kebetulan tahun ini liburan sekolah akhir tahun dengan libur lebaran bersamaan, sehingga pas banget sambil liburan panjang.
Nah waktu mudik ini siapa saja bersamaan terutama libur panjang, sehingga mengakibatkan semua tumpah ruah di jalan yang mengakibatkan macetnya jalan. Oleh karena itu perlu persiapan untuk mudik agar perjalanan jadi aman dan nyaman. Perjalanan mudik biasanya menggunakan beberapa transportasi antara lain:
1. Transportasi umum
2. Transportasi khusus, biasanya bis yang disediakan oleh sebuah perusahaan
3. Mobil pribadi
4. Mobil sewa
5. Sepeda Motor
Sebaiknya jika anda mudik perhitungkan dan pertimbangkan segala kemungkinan yang terjadi sehingga meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan.
1. Menggunakan transportasi umum
Jika anda memilih menggunakan transportasi umum pilih yang paling aman dan nyaman, menurut penulis jika menggunakan pesawat akan sangat menghemat waktu, namun memang biaya mahal dan harus booking jauh-jauh sebelumnya, emang nyaman apalagi bandara tidak jauh tempat tinggal kita dan bandara tujuan juga dekat. Transportasi kereta api kini juga menjadi alternatif transportasi nyaman tidak seperti beberapa waktu yang lalu yang semrawut, kini orang yang membawa tiket aja yang bisa masuk stasiun. Transportasi bus naiklah bus yang bebas dari pedgang kaki lima biasanya patas yang bonafid, jadi hanya berhenti di pool-poolnya tidak di sembarang tempat agak mahal dikit tetapi lebih aman dan nyaman.
2. Tranportasi khusus
Jika ada perusahaan yang menyediakan tranportasi mudik, maka pilihlah karena pasti akan lebih nyaman karena waktu dan penumpang sudah tepat dan penumpang adalah karyawan yang seperusahaan, ini adalah wujud csr perusahaan corp social responsibility.
3. Menggunakan mobil pribadi
Jika anda memiliki mobil pribadi, dan ingin mudik menggunakan mobilnya, maka periksa mobil dari segala kemungkinan yang terjadi di jalan, apalagi jika mengalami macet maka perlu bekal makanan dan minuman yang cukup dan yang tahan lama agar jika terjebak macet dan sulit menemukan tempat untuk mengisi bahan bakar penumpang he he. Mobil periksa mulai bahan bakar, oli, kondisi roda atau ban, rem, kopling dan lain-lain.
4. Mobil persewaan
Jika anda memilih menyewa mobil maka perlu anda persiapkan budget untuk sewa mobil, bahan bakar dan sopir biasanya pada waktu libur sewa naik hingga 100%. Oleh karena itu perlu pertimbangkan keuangan untuk berapa hari, berapa bahan bakar dan sopir atau biasanya akan lebih hemat jika pakeg sewa mobil bahan bakar dan driver. Pada umumnya mobil sudah dipersiapkan mobil yang masih baru minimal ya 3 tahun terakhir, namun akan lebih baik juga cek dan recheck.
5. Sepeda motor
Jika anda memilih menggunakan sepeda motor perlu cek kondisi sepeda motor, roda, rem, oli, ban supaya dicek masih dalam kondisi prima atau perlu ganti atau servis dahulu. Jika membawa anak kec sebaiknya hindari mudik dengan sepeda motor, karena beresiko terjadi hal yang tidak diinginkan, jangan membawa beka terlampau banyak sampai harus memodifikasi motor agar dapat memuat barang banyak, pilih barang yang diperlukan, atau kirim barang dengan jasa pengiriman lebih dahulu. Kalo memang sudah dalam perjalanan jika merasa lelah jangan dipaksakan melanjutkan perjalanan, berhenti beristirahat cukup dan lanjutkan perjalanan, sekarang banyak disediakan tempat istirahat rest area dari masyarakat maupun instansi.
Demikian kami sampaikan informasi dan tips mudik aman dan nyaman, selamat mudik dan berlibur. Semoga menjadi nilai silaturahim dan ibadah kita.

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Komentar

@zids. Powered by Blogger.