SYAWALAN KKMA DIY 1445 H DAN LAUNCHING JPTT DI GEDUNG ERLANGGA YOGYAKARTA




Sambutan Kepala Bidang
H. Abd. Suud, S. Ag., M.S.I.

Dalam Syawalan 1445 H dan launching JPTT 24/25 @Erlangga

1️⃣ Bersyukur disediakan tempat oleh erlangga, ini sebentuk kerjasama. 

2️⃣ Apresiasi kepada MA yang sudah mengawal pendidikan sehingga lolos SNBP dan di jalur lain ke PT, dan masyarakat pada umumnya

3️⃣ Apresiasi juga utk Kamad MTs. Diharpkan bisa lanjutkan ke madrasah unggulan, pilihan

4️⃣ utk kepala MI, demikian pula. Seluruh MI harapannya tidak ada yg tercecer, karena wajib belajar. 

5️⃣ tema kita adalah PPDB/launching JPTT. PPDB dapat menjadi tolok ukur MARWAR MADRASAH. sukses tidak PPDB adalah marwahnya madrasah. 
Karena dari situ kita bisa melihat madrasah mana yang diberi amanah lebih oleh masyarakat. 
Mirip pemilu kemarin. 

6️⃣ Terhadap siapa? Sesama madrasah maupun pesaing (positif) kita yaknis dinas (SD, SMP, sma, SMK). Realiti: banyak bangku kosong di sekolah. Bahkan dianggap/dituduh penyebab prroblem tersebut.?? 

7️⃣ Maka, agar tidak dituduh/dikambinghitamkan?? JAWAB DENGAN PRESTASI MADRASAH. 
karena memilih madrasah adalah HAK setiap orang. 
Terjadi: lulusan SD tidak masuk madrasah. Karena kondisi 'kurang' ini. 

8️⃣ Maka berita positif sekecil apapun di madrasah TOLONG UMUMKAN. 

9️⃣ Maka sekali lagi, jaga marwah ini, kamad MI, MTs dan MA menjadi leader mengawal ini. 

🔟 Utk madrasah negeri, 4 tahun ini sudah ada lompatan pemanfaatan teknologi utk sistem PPDB dengan JMD. 
Tgl 21 April 2024 besok fokus raker di Bali utk suksesnya PPDB. 

11. Semua PPDB harus berpijak pada REGULASI. Tidak boleh ada madrasah yang tidak menyiapkan pagu anggaran untuk jalur reguler. 
12. Utk madrasah swasta juga demikian. Ikuti regulasi meskipun ada keluwesan waktu yang panjang.  Ex. Kasus, pak Kyai minta jangan menolak murid, namun ada kondisi kuota sudah ditetapkan.?? Jawab pak Kasi: pastikan persiapan sarpras, guru dll siap dulu. Kalau belum siap arahkan ke kelas i'dad.

13. Utk ppdb jalur tahfidz.? Karena tahfidz adalah program mandatori, maka PPDB jalur tahfidz perlu disiapkan betul. Saya mengharapkan siswa madrasah masuk PT banyak masuk PT jalur tahfidz. 

14. Artinya suksesnya program tahfidz di madrasah bisa dilihat juga dari suksesnya siswa lulusan MA yang masuk PT jalur tahfidz. 

15. Peningkatan kualitas tahfidz?? Sedang disiapkan regulasinya, yakni harus ada tashih dari lembaga-lembaga yang memang kredibel seperti ponpes2 tahfidz. Sehingga syahadahnya lebih bernilai. 

16. Peningkatan karir guru/tendik. Regulasi baru peningkatan tidak hanya angka kredit tapi juga ekspektasi pimpinan. Ada 2: guru harus punya KTI, juga ada peningkatan kompetensi dari bimtek, seminar dll. 

17. Program aplikasi sipanjat padi (Sistem informasi TPG utk pengembangan diri). Yang kita sasar dari program ini adalah KKG/MGMP. Semua akan diwadahi oleh program PKB Mandiri. 

18. Jika guru tidak aktif KKG/MGMP dalam peningkatan kompetensi maka Kamad jangan pernah approvet SKPnya.. Atau nilai SKPnya dibawah ekspektasi. Karena peningkatan kompetensi guru wajib ain.

_Notulensi bebas, Muslikh MN_


No comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Komentar

@zids. Powered by Blogger.