SEMINAR MANAJEMEN BRANDING MADRASAH DI UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA




Sambutan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah

H. Sidik Pramono, M.SI.

Dalam seminar MENEJEMEN BRANDING LEMBAGA

Selasa, 4 November 2025

- Burung merpati terbang di Alma Ata

- Yang saya hormati bapak/ibu semuanya saja.

1. Pertama bersyukur diberi anugerah kesempatan dengan sehat hadir di ruangan ini; ruangan yg dekat dengan langit (lt. 9.)

2. Dalam kegiatan ini kita bisa meningkatkan inisiasi  utk kemajuan pendidikan secara umum.

3. Saya mengapresiasi dan mengucapkan ribuan terimakasih atas inisiasi kegiatan ini.

4. Sepakat jika yang jadi rujukan adakah YANG BERKUALITAS, buka ukuran negeri atau swastanya.

5. Karenanya TANGGUNGJAWAB kita selaku yang membawa nahkoda Madrasah ini untuk MEMBANGUN KUALITAS (nyaman dan bersaya saing tinggi) tersebut.

6. PR ini harus TERTANAM KUAT dalam KOMITMEN kepala Madrasah sebagai menejer dan leader di madrasah.

7. Selanjutnya, CITRA DIRI (BRANDING) MADRASAH ini perlu di publikasikan masif. 

8. Kepala madrasah perlu memiliki kemampuan MERAMU tim, yang memungkinkan bergerak bersama untuk saling MENGUATKAN.

9. Maka, dengan Bidang, kepala madrasah punya KONTRAK PRESTASI KEPALA MADRASAH.

10. Saya selaku Kabid ingin ikut membesarkan madrasah, tidak ada apa apanya, kecuali dukungan bapak/ibu Kamad semuanya. 

11. Ada hal apapun tentang madrasah, hal kecil ga usah dibesarkan. Saya welcome di WA atau ketemu di kantor, atau saya bisa ketemu di madrasah. Saya programkan road show ke semua madrasah. Utamanya yg negeri. Kalau swasta bisa kontak, saya. Bisa hadir...

12. Sekali lagi, saya senang bila ada komunikasi kembali dengan kepala madrasah di dalam forum-forum lainnya untuk mendukung kemajuan madrasah.

Sambutan sekaligus Informasi PMB oleh Rektor Universitas Alma Ata Yogyakarta



Prof. Dr. H. Hamam Hadi, MS., Sc.D., Sp.GK

Selasa, 4 November 2025

1. Alhamdulillah bersyukur kita bisa jumpa di Alma Ata. Sholawat salam kepada Nabi, smoga kita orang yang terpilih.

2. Pertama kami ucapkan selamat datang. Suatu kehormatan bapak/ibu bisa hadir muwajahah dengan kita. Kalau bukan anugrah Allah, mgkin tidak bisa dilaksanakan.

3. Saya minta maaf dulu, dalam nanti matur bila ada yg tidak berkenan. Saya sebagian besar belum kenal.mhon maaf.

4. Ta'aruf AlmaAta: Universitas Alma Ata didirikan oleh Yayasan Alma Ata. Yayasan Alma Ata berdiri (2001). 2026 baru dapat izin menyelenggarakan STIKES Alma Ata, 2007 berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Agama, dan di 2015 STIKES dan STIA bergabung jadi Universitas Alma Ata.

5. Skrg Prodi ada 22, fakultas ada 4. A. Fak. Kedokteran dan ilmu kesehatan, b. FEB, c. F. Sains dan teknologi d. F. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, lebih dari 50 % terakreditasi unggul.

6. Masih muda, ini berdiri di tahun ke 10 sejak jadi universitas.

7. Satu tahun setelah jadi univ, oleh Kemenristekdikti diperingkat  2928 (hampir bawah), satu tahun naik lagi peringkatnya  jadi 2500, tahun berikutnya jadi 254, di tahun ke 5 naik jadi 149. Tahun 2020 pemeringkatan berhenti.

8. Di tahun ke 8 sejak jadi univ masuk 100 besar. Yakni rangking 66 diantara PTN dan PTS (lembaga riset luar).

9. Harvard USA itu Swasta, dst.. artinya, saat ini Negeri dan Swasta punya posisi yang sama. Yang unggul adalah yang memang punya jaminan pelayanan mutu/kualitas akreditasi. 

10. Artinya, standardisasi madrasah dalam mengarahkan lulusan harapannya tidak pakai ukuran masuk PTN (negeri) saja. Mitos ini perlu diganti yakni swasta pun banyak yang unggul, swasta biaya terjangkau namun bermutu dst...

11. Di bawah naungan pak Kabid Penma Kantor Kemenag DIY, harapannya revisilioner. Sebagaimana pemikiran pak Sidik yang REVOLUSIONER.

12. Saya punya keunggulan dgn para dosen pada saat itu dan mengambil pilihan guru besar di UGM yang  pensiun dini (50 tahun), untuk FOKUS Kembangkan ALMA ATA. (Setahun sebelum jadi univ).

13. Di bidang penelitian masuk cluster unggul.

14. Buka fak kedokteran 1 tahun ini.

15. Beberapa kampus kerjasama dengan universitas unggul di luar negeri. Ex. Univ Malaya, Malaysia.

16. Quotes pak Rektor: Masyarakat dididik bukan PTN dan PTSnya, tapi Kualitasnya.

SEMINAR BRANDING MADRASAH

Tema:

Membangun Identitas dan Citra Pendidikan yang Kuat

OLEH:

Elisa Jayanti Lestari

Dosen prodi Menejemen Alma Ata

Wilayah Materi:

1. Branding seperti apa?

2. Dampaknya?

3. Strategi apa yg bisa ditingkatkan?

4. Corong yang membantu strategi branding ke depan?

5. Strategi target dan posisi (strategi utk menggaet konsumen)?

- Pendidikan saat ini sedang berlomba bangun citra

- Branding sekolah dibangun tidak cukup 1 tahun. Karena dari awal didirikan.

- Siswa sering juara, alumni diterima kampus ternama dst.. itu adalah branding.

- Kalau itu semua sudah ada dan sudah baik, maka apa yang perlu kita kembangkan? Saat ini digitalisasi branding. 

- Karena kita jasa, maka perlu di pasarkan/kenalkan.

- Bagaimana citra sekolah kita dikenal orang banyak?;? Wajib gunakan semua medsos.

- Branding bisa dipakai: 1. Alumni (lulusan pada ke mana, keteraedapan ke PT ternama dst..), maka sekolah perlu Tracer studi /perlu mendata para alumni. Ini bisa efektif untuk menjadi strategi.

- Pentingnya Branding?

a. Menggaet siswa baru

b. Membangun kepercayaan dan reputasi

c. Meningkatkan keterlibatan. (Sekolah dan orangtua harus dekat).

- ELemen yang berperan dalam branding sekolah:

- logo dan warna (karena ini mencerminkan nilai-nilai madrasah). Implementasinya: logo, warna kampus, almamater dst.. karena MASYARAKAT MELIHAT DARI VISUAL.

- Visi dan Misi

 (Ini jarang dilihat siswa) Tapi sangat penting utk tahu arah sekolah.

- Pelayanan komunikasi madrasah ke orangtua dan publik ini sangat-sangat penting. Perkembangan informasi anak diketahui terkawal tidak hanya oleh madrasah, tapi juga orangtua.

- DAMPAK BRANDING SEKOLAH YANG KUAT

- Daya saing tinggi (akibat sosialisasi di medsos yang kuat)

- loyalitas dan kepercayaan (nanti pemasaran dari mulut ke mulut)

- kemitraan strategis  (kalau calon siswa ingin sekolah, ortu mempertimbangkan sekolah ini sudah kerjasama dengan pihak-pihak mitra, baik perusahaan maupun kampus-kampus).

- Funnel Marketing strategy (corong)

1. Kesadaran/ awarenes 

2. Pertimbangan

3. Aksi (daftar atau tidak)

- STP (segementasi)

1. Bisa demografis (misal anak yang ditarget dilingkungan sekitar, maka sesuaikan strategi)

2. Targeting (saya mau ambil siswa apa di sekolah kita; misal siswa berprestasi, siswa ga mampu)

3. Positioning (tempat posisi sekolah di benang siswa /calon siswa)

- STRATEGI BRANDING

1. Identifikasi DNA sekolah

2. Positioning yg kuat dan konsisten (kalau kita sudah di menengah, pertahankan, jangan turun.)

3. Identitas visual provesional (misal anaknkita lulus karakternya terlihat, penampilan terlihat dst..)

4. Media digital dan media sosial (optimalisasi website, medsos, dst..) - pakai FIO (untuk blow-up). Misal searching: kata kunci sekolah terbaik di Jogja.

5. Konten yang menginspirasi (siswa diberdayakan buat, atau blow up prestasi anak).

- DIGITAAL MARKETING SEKOLAH

1. Kalau belum paham, bisa kerjasama dengan orang ketiga.

2. Berupa:

- a. Optimalisasi konten edukasi

- b. Perbanyak interaksi di medsos (fast respons ini penting)

- c. Buat content plan digital marketing sekolah (misal buat kalender sekolah)

- PEMERAPAN SEO (Search Engine Optimization)

Untuk bagaimana orang searching muncul nama madrasah kita.

- MANFAATKAN MEDSOS

Ig= menargetkan calon siswanya (gen Z /Alfa). 

- bagi kegiatan (reels, foto, livestreaming, dst )

Tiktok= algoritma sudah cukup baik. Sayang sekali kalau tidak pakai ini. Karena brand awerenesnya sudah baik.

- ini bagaimana konten viral.

- yang unik, bukan terlalu baku. Ada guyon sedikit.

FB = generasi old.

Target kita orangtua. Kita beri info, misal biaya, lulusannya sperti apa, dst..

Maka dengan ini platform ini sesuai segmentasi

Maka, cermati, kelebihan apa yang ada di madrasah, jadikan sebagai AMUNISI untuk branding madrasah.

Notulensi bebas Muslikh, MA Miftahunnajah


MATERI

SERTIFIKAT

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Komentar

@zids. Powered by Blogger.