TIPS SEHAT SAAT MENJALANI PUASA


Ini adalah pengalaman penulis, sebelum puasa seringkali penulis merasakan pusing atau sakit kepala di siang hari ketika kurang minum terutama minum air putih eh air bening ding he he he..., dan sering berkelanjutan hingga malam dan pagi harinya setelah istirahat cukup dan minum cukup. Nah saat menjelang puasa udah kepikiran nih wah bakalan langganan sakit kepala nih, lalu browsing-browsing tips sehat ketika berpuasa. Inilah tips-tipsnya:
  1. Mengakhirkan makan sahur, hal ini selain sunnah yang dianjurkan juga akan membantu energi ketika di siang hari.
  2. Makanlah dengan porsi yang cukup jumlah dan cukup nutrisi, tidak berlebihan, sepertiga bagian untuk makanan sepertiga bagian untuk minum, dan sepertiga bagian lagi dikosongkan atau udara hal ini juga menurut sunnah Nabi, jika kita bisa melakukan ini ketika sahur dan berbuka Insya Allah akan lebih nyaman ketika beraktifitas, dan itulah mungkin keberkahan yang kita dapat tidak berat melakukan aktifitas dan beribadah.
  3. Akhiri dengan minum susu sebagai pelengkap nutrisi kita serta jangan lupa minum suplemen kalo ada atau dengan saran dokter atau dengan air putih yang cukup.
  4. Kurangi makan dan minum yang manis ketika berbuka atau sahur karena akan membuat lemas di siang hari karena minum dan makanan manis gula lebih mudah terserap oleh tubuh dan diubah menjadi gula darah, tetapi jika manis alami dari buah atau makanan alami akan lebih lama proses menjadi gula darah.
  5. Kurangi aktifias fisik berat, namun tetap beraktifitas seperti biasa karena bagaimanapun puasa energi dan kalori kita berkurang. Dan hindari kegiatan di bawah terik matahari agar mengurangi air yang keluar dari tubuh kita.
  6. Istirahat cukup di siang hari sebagai pengganti istirahat malam yang terkurangi, dan jangan terlalu berlebihan terlalu lama karena akan membuat badan jadi tidak nyaman dan bahkan akan lemas.
  7. Ketika tiba saatnya buka, berbukalah dengan yang manis, ada yang mengatakan dengan teh manis, ada yang minum jus, bahkan ada pula yang berbuka dengan air putih hangat kemudian kurma tiga butir yang terakhir itulah yang penulis praktekkan kemudian makan makanan ringan, bisa gorengan tapi jangan berlebihan, lalu jalankan sholat maghrib usahakan jama'ah he he he...
  8. Makan utama dapat dilakukan setelah sholat maghrib atau sholat tarowih, hal ini akan terasa lebih enak dan lezat dan setelahnya juga akan nyaman di perut kita. Jika kita berbuka segera makan makanan utama maka perut kita akan kaget dari sekitar 13 -14 jam tanpa aktifitas pencernaan.
  9. Minurm air putih yang cukup, kira-kira 8 hingga 10 gelas dan yang terakhir inilah sangat membantu dalam kesegaran dalam menjalani puasa.
Ternyata yang penulis lakukan dengan memperbanyak minum air putih mulai berbuka hingga santap sahur mengurangi kepala pening yang sering saya alami bahkan hingga hari ke 17 ini menjalani puasa Alhamdulillah belum pernah kambuh lagi padahal sebelum berpuasa malah sering kambuh, Alhamdulillah, memang puasa itu pasti menyehatkan. Saat minum dilakukan ketika berbuka 2 gelas mengawali makan makanan tambahan, lalu setelah sholat maghrib 1 gelas juga mengakhiri makan makanan tambahan atau makan utama, setelah sholat tarowih 1-3 gelas mengawali dan mengakhiri makan makanan utama dan tambahan, ketika tadarusan 1-2 gelas dan mau tidur 1 gelas, dan yang terakhir ketika sahur 2-3 gelas, maka akan tercukupi dan memenuhi kebutuhan air di tubuh kita, memang kalau kita minum air putih banyak akibatnya adalah sering buang air kecil tetapi tak mengapa demi sehat dan segar jasmani kita, dan juga buang air kecil saat kita di rumah tidak masalah artinya mudah dan tidak ewuh pekewuh bolak-balik kamar mandi he  he he...
Selamat menjalani puasa, semoga tetap sehat dan segar, dan dapat meraih muttaqin... amiiiin...

No comments:

Post a Comment

Silakan Berikan Komentar

@zids. Powered by Blogger.